Friday, June 23, 2017

Definisi Jual Beli Yang Halal Menurut Islam Tanpa Riba

Definisi Jual Beli Yang Halal Menurut Islam Tanpa Riba

Saat ini banyak sekali bisnis online maupun ofline yang menjerumus kedalam riba. Maka dari itu kita sebagai orang islam, tentu harus mengetahui definisi dan ciri ciri bisnis yang riba.

Langsung saja ini adalah contoh transaksi riba

1. Adanya sistem denda. Misal si A ngontrak di si B, jatuh tempo bayaran tiap bulan nya tanggal 14, nah kalo si A bayar kontrakan diatas tanggal 14 maka si A itu di denda oleh si B)

2. Kredit, kredit bisa saja jadi halal jika memiliki satu harga. Contoh : Harga motor cash adalah 14juta, dan jika kredit adalah 15juta. Nah ini adalah transaksi riba. Namun jika motor tersebut di jual cash 14juta dan di jual kredit 14 juta juga itu bukan termasuk transaksi riba.

3. Bank yang menerapkan sistem bunga, kepa sistem bunga dilarang dalam islam ? karena ini merugikan salah satu pihak. Contoh si A pinjem uang ke Bank sejumlah 5 juta. Dan bunga yang harus ia bayar adalah 10% jadi bunga nya adalah 500ribu. Nah kita bisa dilihat disini, si A hanya menikmati 5 juta tapi ia harus mebayar 5,5 juta.

Dan masih banyak lagi transaksi riba lain nya. namun untuk lebih lengkapnya akan saya ulas pada artikel berikutnya,

Pembeli Adalah Raja, Benarkah itu ?

Yups banyak orang yang bilang bahwa pembeli itu raja. Namun nyatanya tidak hehe apalagi jika anda pedagang di pasar induk (mana mau raja belanja di pasar) hehe. Its ust kidding.

Saya memiliki teman yang profesinya adalah internet marketing / bisnis online. Semua ia jalani termasuk berjualan online.

Ia pernah berkata "Pembeli adalah teman, tim kerja adalah sahabat". Nah dari kata kata tersebut ia bermaksud bahwa ia lebih mementingkan tim nya daripada pembeli. Apalagi kepada pembeli yang sadis. lah kok sadis ? haha jika anda adalah pedagang maka anda juga bisa merasakan nya.

Mereka menawar serendah rendahnya, udah dikasih harga segitu gajadi beli dengan alasan beda bank ATM. Suka banding bandingin harga lapak kita dengan lapak orang lain (kenapa gak beli ke lapak orang aja wk)

Nah, untuk mengatasi calon buyer yang seperti itu, anda harus bisa menjadi cs (costumer servis). Seperti yang sudah saya jelaskan dalam artikel bagaimana cara melayani pembeli yang baik. Silahkan baca itu untuk menambah wawasan anda

Bagaimana Cara Melayani Calon Pembeli Dengan Baik

Bagaimana Cara Melayani Calon Pembeli Dengan Baik ?


Banyak yang bilang bahwa pembeli itu adalah raja. Namun ada teman saya yang sedikit tidak setuju. kata dia "Pembeli adalah teman, tim kerja adalah sahabat" nah dari kutipan tersebut, dia lebih mementingkan tim nya daripada pembeli yang nakal (banyak tanya gak beli, gatau harga bilang mahal, dbg hehe)

Namun walaupun seperti itu, kita harus tetap melayani dengan calon pembeli dengan ramah. Nah bagaimana caranya ?

Yang pertama, jangan lupa anda beri emoticon smile di setiap chat anda. Dengan begitu calon  pembeli tidak akan tersinggung atau sebagainya.

Kedua, berikan tawaran yang terkait dengan barang yang akan ia beli. Contoh calon pembeli itu ingin membeli sepatu warna hitam. Anda cobalah tawarkan barang tersebut dengan warna lain nya.

Ketiga, kecepatan respon chat anda dapat menentukan niat calon pembeli untuk membeli barang anda. Kenapa demikian, karena rata rata pembeli itu pengen nya yang serta cepat dan fast respons

Oke itu saja yang dapat saya tulis kali ini, semoga bermanfaat.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online ?

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online ?


Jika kalian bertanya seperti itu, anda berati belum memulai bisnis online hehe. Okey, langsung saja, bagaimana sih cara memulai usaha bisnis online. namun, kali ini saya akan membahas bisnis online dalam bidang jual beli.

1. , pastikan bahwa anda sudah mengetahui apa yang akan anda lakukan di dunia internet marketing. contoh : anda ingin berjualan pakaian, sepatu, tas, jam tangan, dan sebagainya.

2. Anda sudah memastikan bahwa anda mengetahui betul barang apa yang akan anda jual. jangan sampai ada calon pembeli yang menanyakan detail tentang barang anda, tapi anda tidak mengetahui. Jika terjadi seperti ini, maka reputasi anda / toko online bisa buruk ke depan nya.

3. Belajar bagaimana cara memulai bisnis online, jangan asal lakon tanpa ilmu. Karena ya jelas hasilnya akan zonk. Tapi sebaliknya, jika kalian kiranya sudah memiliki sedikit ilmu, maka action lah jangan nunggu nunggu. Keburu kiamat hehe.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampikan kali ini.